Pohon Flamboyan, Peneduh Yang Bisa Jadi Obat Malaria

Flamboyan (Delonix regia) adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Fabaceae, subfamili Caesalpinioideae asli Madagaskar.

Pohon flamboyan dikenal karena daunnya yang seperti pakis dan bunga jeruk yang indah hingga merah di musim panas. Selama periode berbunga, bunga-bunga flamboyan menutupi hampir semua daun dan membuat seluruh pohon terlihat indah merah terang atau oranye.

Pohon Flamboyan, Peneduh yang Bisa Jadi Obat Malaria

Di banyak negara tropis, pohon flamboyan ditanam sebagai pohon hias dan semak di tepi jalan raya atau taman kota. Dalam bahasa Inggris, pohon flamboyan disebut nama Royal Poinciana, Flamboyant, Flame of the Forest dan Flame Tree.

Sebelumnya, pohon flamboyan ditempatkan di genus Poinciana, dinamai oleh Phillippe de Longvilliers de Poincy, gubernur Saint Christopher (Saint Kitts) pada abad ke-17.

Pohon flamboyan adalah endemik hutan kering Madagaskar, tetapi telah menyebar ke seluruh dunia ke daerah tropis dan subtropis. Di alam liar, pohon flamboyan berada dalam bahaya kepunahan, tetapi banyak dibudidayakan di tempat lain dan dianggap berharga di banyak daerah.

Pohon flamboyan membutuhkan iklim tropis atau dingin, tetapi mereka juga bisa tumbuh di musim kemarau. Pohon itu sendiri lebih suka tanah berpasir dengan area terbuka dengan banyak bahan organik. Pohon flamboyan tidak suka tanah yang lengket atau tebal seperti tanah liat, itu akan menjadi bunga yang lebat ketika ditanam pada kondisi tanah kering.

Selain nilai hiasnya, pohon flamboyan adalah pohon rindang yang berguna dalam kondisi tropis, karena biasanya tumbuh dengan ketinggian sedang, biasanya 5-10 meter, tetapi dapat mencapai ketinggian maksimum 12 meter dengan daun tebal. Di daerah dengan musim kemarau yang cerah, pohon flamboyan menumpahkan daunnya selama musim kemarau. Itu sebabnya pohon flamboyan juga sering disebut tanaman semi-hijau.

Di negara bagian Kerala, India, pohon flamboyan disebut Kaalvarippoo, yang berarti “Bunga Kalvari”. Ada kepercayaan populer di antara orang-orang Kristen Santo Thomas dari Kerala bahwa ketika Yesus disalibkan ada pohon kecil flamboyan di dekat salib-Nya. Dipercayai bahwa darah Yesus Kristus dicurahkan ke atas bunga-bunga pohon, memberi warna merah tajam pada bunga-bunga flamboyan. Ia juga dikenal sebagai “Vaaga” di banyak bagian Kerala.

Bunga flamboyan adalah bunga nasional Kitts dan Nevis, dan pada Mei 2018 pohon flamboyan diadopsi sebagai pohon nasional oleh kota Key West.

Di Malaysia, ia dikenal sebagai Semarak Api, yang menjadi ikon kota Sepang dan Selangor.

Daun majemuk flamboyan (menyirip ganda) memiliki mantel dan berwarna hijau cerah. Setiap daun memiliki panjang 30-50 cm dengan 20 hingga 40 pasang daun primer atau daun telinga, masing-masing dibagi menjadi 10-20 pasang daun sekunder atau daun daun.

Bunga flamboyan berukuran besar, dengan empat kelopak merah atau oranye tersebar hingga 8 cm, dan kelopak vertikal kelima disebut standar, yang sedikit lebih besar dan dapat dilihat dalam warna kuning dan putih. Butir serbuk sari memanjang sekitar 52 mikron.

Polong berwarna hijau dan lunak, saat muda berwarna hijau dan berubah kecokelatan saat sudah tua. Panjangnya bisa 60 cm dan lebar 5 cm. Bijinya kecil, berat rata-rata sekitar 0,4 gram.

Pohon flamboyan dapat diperbesar dan melebar menjadi kanopi atau payung pada ketinggian maksimum 12 meter.

BAGAIMANA BANYAK FLAMBOYAN TREES:

Cara untuk menyebarkan pohon flamboyan adalah melalui pembibitan. Tetapi metode yang kurang umum, seperti stek batang, juga dapat digunakan untuk menumbuhkan pohon ini.

1. Bibit – Benih direndam dalam air hangat selama setidaknya 24 jam dan ditanam di tanah yang hangat dan lembab di tempat teduh sebagian, dalam kondisi teduh. Bibit tumbuh dengan cepat dan dalam kondisi ideal dapat mencapai 30 cm dalam beberapa minggu.

2. Stek – Cabang dipotong sepanjang 30 cm dan ditanam dalam pot atau polybag. Metode ini lebih lambat daripada perbanyakan benih (stek membutuhkan waktu beberapa bulan untuk berakar), tetapi stek lebih disukai oleh petani.

Dengan demikian, stek adalah metode yang umum untuk menyebarkan pohon flamboyan untuk penanaman, terutama untuk varietas pohon flamboyan berbunga kuning yang lebih jarang.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>