Morfologi Jeruk Purut Untuk Kesehatan Manusia

Tanaman buah jeruk purut ini merupakan varietas unggul untuk buah jeruk yang mana tanaman ini sering sekali dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan bumbu dapur ( daunnya juga ). 

Morfologi Jeruk Purut Untuk Kesehatan Manusia

Pohon yang dimiliki oleh buah jeruk purut ini sangat kecil, dan rata-rata pada tiap batangnya memiliki duri yang berukuran kecil,namun sangat tajam, dan juga pada bentuk daun nya pun sangat khas sekali. 

Baca Juga: Rahasia Sukses Budidaya Kelengkeng Pingpong

Buah jeruk purut ini merupakan jenis jeruk yang terbilang mempunyai ukuran yang kecil sekali,diameter pada buah jeruk purut ini juga tidak pernah melebihi ukuran 2 cm dan kebanyakan memiliki kulit buah yang sangat tebal. Perkembang biakkan dari jeruk purut ini adalah dengan cara cangkok dan penanaman biji.

Dalam dunia boga di wilayah Asia Tenggara ,buah jeruk purut ini sering dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa pada bau amis yang mengendap pada daging dan juga secara signifikan mampu untuk mencegah penyakit perut seperti disentri serta mual. 

Sebagai bumbu masak , jeruk purut dan juga daunnya ini sampai sekarang sulit untuk digantikan oleh bagian yang lainnya,dan terkadang jika sudah terpaksa , maak kulit dari buah jeruk purut ini bisa digunakan sebagai bumbu masak namun hasilnya tidak sebaik buah dan juga daunnya.

Manfaat buah jeruk purut bagi kesehatan

  • Dapat mengobati penyakit sariawan, seperti yang kita ketahui bahwa jeruk purut ini kaya akan kandungan vitamin C yang sangat berguna sekali memberantas penyakit sariawan. Penyakit sariawan ini sebenarnya muncul karena tubuh kita kurang asupan vitamin C.
  • Sebagai zat antioksidan bagi tubuh, buah jeruk purut ini selain juga kaya akan kandungan vitamin C juga mengandung zat anti radikal bebas. Hal ini tentunya sangat menyehatkan bagi tubuh kita.
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh , jeruk purut ini mengandung pectin yang berguna sekali untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh khususnya kolesterol jahat. Tentunya mengkonsumsi buah jeruk purut ini merupakan cara alami dan tentunya aman.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh, tentunya kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk purut bukan hanya untuk menyembuhkan sariawan tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga tubuh kita lebih kebal terhadap berbagai macam penyakit.

Produksi jeruk purut di Indonesia ini juga tidak terlalu banyak bila dibandingkan dengan negara – negara lainnya terutama yang berada di kawasan Asia Barat. Oleh karena itu untuk meningkatkan produksi jeruk purut agar tetap subur di Indonesia ini,maka seharusnya peran petani dan juga peran pemerintahan bidang terkait sangat diperlukan adanya sebuah tindakan serta tanggap akan perihal semacam ini.

Produksi  jeruk purut di negara kita dengan negara sub tropis yang cenderung tidak cocok untuk pohon jeruk saja produksi jeruknya juga mampu melebihi negara kita yang mana dikenal dengan negara yang beriklim tropis yang tentunya jauh lebih baik dibanding negara di kawasan Asia Tenggara lainnya.

Cara budidaya pohon jeruk purut sebenarnya juga tidak sulit asal mengikuti semua prosedur – prosedur yang ada. Untuk itu sebaiknya para petani khusus nya di Indonesia ini untuk memulai mengembangkan dan juga menanam buah jeruk purut yang sangat berpotensi di pasar domestik maupun internasional. 

Jeruk purut ini memang sering banyak disamakan dengan buah jeruk nipis,padahal kedua jenis jeruk ini jelas – jelas sangat berbeda mungkin hanya sedikit faktor saja yang membedakan,yakni dalam hal bentuk dan rasa nya saja yang mirip.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>