Harga Bibit Durian Montong

Tanaman Durian Montong merupakan salah satu varietas buah durian yang sangat popular di Indonesia,yang mana jenis durian yang satu ini mempunyai kualitas unggulan dari seluruh buah nya baik dari Rasa,ketebalan daging,dan serat yang padat. Pada dasarnya varian durian montong ini berasal dari negara Thailand dan Sri Langka.

Pohon durian montong ini pada umumnya memiliki tinggi pohon dapat mencapai 5 hingga 9 meter,dan tentunya mempunyai tajuk pada bagian pohon yang berukuran cukup lebar yakni antara 2 sampai 4 meter. Bentuk habitus dari durian montong ini berbentuk payung atau juga ada yang berbentuk kerucut dengan percabangan batang yang sangat rapat.

https://jualbibitpohon.id/

Durian montong ini juga mempunyai  batang pohon yang berwarna hitam kecoklatan, pada permukaannya bertekstur halus dan juga berbentuk bulat. Pada bagian bunga durian montong ini juga memiliki warna dominan putih kekuningan yang berkelompok di dalam tandan. Sekitar 1 hingga 18 kuntum bunga durian montong ini rata-rata terdapat dalam satu tandan saja.

Durian varian montong ini banyak dikenal oleh masyarakat,khusus nya di Indonesia karena mempunyai rasa yang sangat enak, dan bahkan aromanya pun jauh lebih harum dibandingkan dengan jenis lain seperti durian tembaga dan durian musangking.

Buah durian montong ini sempat mendapat julukan rajanya buah durian karena ukuran buahnya lebih besar dari durian jenis lain dan daging buahnya yang lebih tebal. Boleh jadi dikatakan bahwa durian montong ini  merupakan buah yang cukup produktif dan juga mampu beradaptasi di berbagai tempat.

Buah durian montong ini akan menghasilkan buah yang mana dalam satu tandan terdapat 1–3 buah,dan juga memiliki bentuk buah yang sangat bervariasi, dari mulai bentuk bulat panjang sampai hampir persegi,buah durian montong juga mempunyai kulit yang begitu tebal yang mana dengan tekstur seperti itu akan sedikit susah ketika dibelah,kulit luar durian montong juga cenderung berwarna hijau kekuningan dengan duri pada permukaan kulit berbentuk semacam kerucut dengan ukuran kecil dan agak rapat,dengan keregangan pada setiap sisi sekitar 4 sampai 5 alur.

Pada bagian daging buah durian montong dominan berwarna kuning emas dan tebal, tekstur buah juga sedikit terasa kering dan kurang berlemak,daging buah durian montong ini juga terasa  manis sekali dan bertekstur halus dengan aroma buah yang begitu tajam. Bentuk biji durian montong ini agak lonjong yang mana setiap belahan mempunyai 5–7 biji durian. Buah durian montong ini rata-rata mempunyai berat yang bisa mencapai sekitar 4 hingga 10 kg dalam 1 buah saja.

Buah durian jenis montong ini dapat tumbuh subur meskipun  berada di wilayah dengan dataran rendah sampai dengan ketinggian mencapai 1.000 m di atas permukaan laut. Namun, produksi terbaik buah durian montong ini dapat dicapai jika penanamannya dilakukan pada ketinggian antara 480 hingga 850 m di atas permukaan laut.

Cara budidaya bibit Durian Montong dengan mudah

·         Pemilihan bibit Durian Montong

Bibit Durian Montong hasil generatif (alami), hendaknya memilih bakal biji Durian Montong yang matang di pohon dan jangan mengambil biji dari Durian Montong yang matang terpisah dari pohonnya. Hal ini dapat mempengaruhi bakal pohon Durian Montong nantinya. Pilih biji yang mempunyai bentuk yang bulat besar.

https://jualbibitpohon.id/

Bibit Durian Montong hasil vegetatif (buatan), Bibit Durian Montong yang diambil secara vegetatif ini kebanyakan hasil dari proses okulasi. Bibit Durian Montong vegetatif ini banyak dijual di toko – toko bibit tanaman.

·         Persiapan lahan untuk penanaman bibit Durian Montong

Lahan yang akan untuk digunakan penanaman bibit Durian Montong ini sebaiknya dilakukan pembersihan terlebih dahulu dari rerumputan, sisa – sisa pohon tebangan, maupun gulma – gulma. Di sekitar daerah lahan juga harus dipersiapkan aliran drainase yang terstruktur agar tidak ada peristiwa tergenangnya air di daerah lahan. Kegiatan persiapan lahan ini lebih baik dilaksanakan sebelum musim penghujan datang.

·         Proses penanaman bibit Durian Montong

Ukuran lubang tanam yang dibutuhkan untuk bibit Durian Montong ini berukuran sekitar 80 x 80 x 70 cm namun bisa juga 70 x 70 x 60 cm. Ukuran lubang tanam untuk bibit durian ini disesuaikan dengan kondisi tanahnya. Lubang tanam ini nantinya akan dibiarkan selama 2 – 3 minggu. Jangan lupa lubang tanam tersebut ditutup dengan tanah galian pertama dan tanah galian tersebut campurkan dengan pupuk kandang organik sebanyak 30 kg/lubang.

Penanaman bibit Durian Montong ini dilakukan pada sore hari agar tidak terkena langsung paparan sinar matahari. Proses penanaman bibit ini biasanya dilakukan pada musim hujan. Bibit durian ini ditanam sekitar 5 cm diatas pangkal batang penyangga, kemudian bibit Durian Montong tersebut ikatkan pada batang penyangga yang lurus agar nantinya pohon Durian Montong ini dapat tumbuh tegak.

Bibit pohon Durian Montong yang baru ditanam ini harus diberi semacam naungan untuk melindungi dari aliran hujan yang deras dan sengatan sinar matahari yang berlebihan. Naungan ini nantinya akan dibongkar apabila bibit durian ini sudah berumur 3 – 5 bulanan. Tanah di sekitar bibit durian ini dianjurkan ditutupi oleh tumpukan rumput atau jerami sehingga kelembaban tanah tetap stabil.

·         Tahap pemeliharaan bibit Durian Montong

Tahap penyiangan, pastikan lakukan penyiangan terhadap bibit Durian Montong yang baru ditanam agar bibit Durian Montong terbebas dari gulma sehingga pertumbuhan dan perkembangan bibit durian ini tidak akan terhambat.

Tahap penyiraman 

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penyiraman :

  • Penyiraman awal bibit Durian Montong ini sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari , siram dengan air yang cukup dan jangan sampai terjadi penggenangan.
  • Kebutuhan air yang diperlukan untuk bibit Durian Montong ini adalah sekitar 4 – 5 L/hari. Apabila sudah berusia dewasa kebutuhan air mencapai 10 – 12 L/hari.
  • Setelah bibit Durian Montong ini berusia 1 bulanan, penyiraman air dilakukan sebanyak 3x dalam seminggu. Karena biasanya bibit durian ini sudah menunjukkan bakal buah nya.

Berikut adalah Manfaat Buah Durian Montong

Mengurangi risiko anemia (Kurang Darah)

Buah durian montong juga dapat berfungsi untuk  menambah kadar darah dan juga dapat membantu penderita anemia secara signifikan.

Maka denagn demikian  buah ini sangat bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang mempunyai problem tersebut,namun perlu anda ketahui juga bahwa jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi durian ini,pasalnya di dalam buah ini terkandung banyak kadar besi yang sangat tinggi dengan jumlah kandungan itulah yang berfungsi dapat mengurangi risiko anemia dikarenakan kandungannya dapat merangsang meningkatnya kadar hemoglobin didalam darah.

Dapat menghangatkan badan

Durian montong  ini pada dasarnya dapat digunakan untuk metode penghangat badan yang efektif. Hal tersebut terjadi karena di dalam durian montong  ini memiliki kandungan semacam seperti alkohol yang mana hal itu sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Maka dengan begitu banyak orang yang memberi saran agar jangan terlalu banyak menyantap durian terlalu berlebihan, karena dapat menimbulkan efek mabuk.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>